fbpx
Deep cleaning Rumah

Deep cleaning Rumah Anda dengan Cara-Cara Berikut

Apakah Anda berpikir bahwa rumah Anda terlalu penuh dan sesak sehingga terlihat kacau dan berantakan? Jika iya, Anda mungkin sedang berpikir untuk melakukan deep cleaning pada rumah Anda. Deep cleaning sendiri adalah kegiatan bersih-bersih secara besar-besaran atau menyeluruh. Ini mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi ketika Anda selesai melakukannya, Anda akan merasa puas dan rumah menjadi lebih lega.

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan supaya kegiatan deep cleaning Anda dapat berjalan dengan optimal? Simak pembahasannya berikut ini.

Buang sampah dan barang yang tidak terpakai

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin melakukan deep cleaning adalah membuang sampah secara menyeluruh, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik melakukannya. Ketika Anda melakukan hal ini, Anda harus berbesar hati merelakan barang-barang yang sudah tidak terpakai tersebut tidak lagi berada di tempatnya.

baca juga: grades home cleaning

Singkirkan hal-hal yang membuat kacau ruangan Anda. Jika diperlukan, Anda bisa membuat daftar pengecekan barang-barang yang seharusnya berada dalam ruangan Anda. Dengan membuang sampah-sampah yang sudah terpakai tersebut akan membuat Anda bisa melihat dengan lebih jelas bagian-bagian mana saja yang perlu Anda bersihkan dalam ruangan Anda.

Bersihkan secara berurutan

Ketika melakukan deep cleaning, lakukanlah secara berurutan. Misalnya mulai dari tempat-tempat yang tinggi seperti plafon dan langit-langit, bagian atas lemari, lampu gantung dan sebagainya. Setelah itu, Anda bisa membersihkan bagian jendela yang ada di dalam ruangan, ataupun barang-barang lain yang berada sejajar dengannya. Ini tentu akan memudahkan pekerjaan Anda, sehingga Anda tidak perlu bekerja berkali-kali dengan cara menyapu lantai, yang mana adalah bagian terakhir yang seharusnya dibersihkan karena termasuk tempat yang paling dasar.

Bersihkan secara menyeluruh

Salah satu cara yang salah dan dapat menyebabkan Anda merasa terus-menerus bersih-bersih adalah karena Anda membersihkan satu ruangan dalam satu waktu. Cara terbaik adalah melakukan deep cleaning seluruh ruangan dalam rumah dalam satu waktu. Ini akan menghindarkan Anda dari bolak-balik melakukan deep cleaning dan merasa tidak selesai-selesai dalam membersihkan rumah.

Cari waktu luang dimana Anda akan mendedikasikan diri Anda sepenuhnya untuk melakukan deep cleaning pada rumah Anda. Dan ketika itu, maka Anda tidak boleh terdistraksi. Ketika seluruh bagian dalam rumah sedang berada dalam mode pembersihan, mau tidak mau Anda akan menyelesaikannya hingga tuntas jika ingin menghuni kembali rumah Anda dengan nyaman.

Kegiatan deep cleaning akan jauh lebih efisien jika Anda mengerjakan satu tugas yang sama di setiap ruangan di dalam rumah (misalnya mengepel), daripada membersihkan per bagian rumah seperti dapur, kamar mandi dan kemudian kamar tidur. Melakukannya dengan cara itu mencegah Anda merasa seperti berada dalam siklus bersih-bersih tanpa akhir atau memulai tugas yang sama berulang-ulang.

Siapkan alat dan produk kebersihan Anda

Adanya alat-alat kebersihan yang sudah disiapkan akan membuat Anda lebih semangat dalam membersihkan rumah Anda. Dekatkan alat-alat kebersihan supaya Anda akan lebih mudah menjangkaunya. Alat-lat dan produk-produk kebersihan haruslah sudah disiapkan di dekat Anda, sehingga Anda akan dapat membersihkan rumah dengan lebih efektif.

Jangan sampai ketika dalam kondisi pakaian kotor ternyata Anda kehabisan sabun pembersih lantai yang mengharuskan Anda untuk cepat-cepat pergi ke toko terdekat. Tentu ini memakan waktu, sementara Anda juga perlu merapikan diri Anda untuk pergi ke toko. Dengan menyiapkan alat dan produk kebersihan yang Anda butuhkan, Anda dapat menghemat waktu untuk bolak-balik ke toko.

baca juga: jasa membersihkan rumah tangerang

Perlakukan sesuai dengan material barang

Ketika Anda membersihkan barang-barang, misalnya furnitur, lantai, jendela, dan tempat-tempat lainnya, Anda harus memperlakukannya sesuai dengan material barang yang Anda bersihkan tersebut. Sebagai contoh, ada beberapa barang yang tidak boleh disikat, karena akan merusak tekstur dan bentuk barang tersebut. ada pula yang tidak tahan terhadap detergen dengan kandungan bahan kimia tertentu.

Anda harus memahami benar-benar material barang-barang Anda, dan perlakukanlah barang-barang tersebut sebagaimana mestinya. Hal ini dimaksudkan supaya perabotan tersebut tidak rusak, sehingga usia perabotan dapat optimal dan digunakan daam jangka waktu panjang. Anda juga dapat menghemat biaya penggantian barang.

Kategorikan barang-barang Anda

Selanjutnya, ketika Anda melakukan deep cleaning dan menata kembali barang-barang Anda, organisirlah barang-barang tersebut sesuai dengan kategorinya masing-masing. Hal yang perlu Anda ingat adalah setiap barang memiliki rumah tempat mereka kembali. Jadi, ketika proses deep cleaning selesai dilakukan, maka Anda tidak akan kebingungan mencari-cari dimana Anda meletakkan barang tersebut. Anda tidak perlu kembali membongkar-bongkar lemari hanya demi mencari charger ponsel misalnya.

Anda dapat mengategorikan barang-barang Anda dengan cara menaruhnya dalam wadah sebelum diletakkan ke dalam lemari atau diletakkan di atas meja. Ini juga akan menghindarkan Anda dari keadaan kembali berantakan dan barang-barang yang berceceran setelah dilakukan pembersihan. Pengorganisasian adalah salah satu bentuk dari menjaga supaya deep cleaning Anda tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat