fbpx
Cara Disinfektan Rumah

Cara Disinfektan Rumah Agar Terhidar Dari Covid

Cara disinfektan rumah by Grades: Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, berbagai cara dilakukan untuk menghindari resiko penularan virus yang ditemukan pada tahun 2019 ini. berbagai macam bentuk perlindungan seperti menerapkan 3M protokol kesehatan, menjaga imunitas diri hingga melakukan disinfektan di berbagai ruang. Perlindungan yang banyak dilakukan oleh orang-orang saat itu yaitu dengan cara disinfektan rumah.

Rumah sebagai tempat berlindung dan juga berkumpulnya anggota keluarga tentu dijadikan sebagai tempat paling aman saat ini. Selain melindungi diri dengan cuci tangan atau menggunakan hand sinitizer, melindungi anggota keluarga juga menjadi prioritas utama. Sebagai bentuk perlindungan yang luas, membasmi virus dengan cara disinfektan di rumah menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan.

Apalagi jika salah satu anggota keluarga pernah terpapar virus Covid-19, maka untuk mengurangi penularan ke anggota lain, mensterilkan rumah dengan cara disinfektan rumah setelah covid perlu dilakukan. Disinfektan ke seluruh bagian rumah diharapkan dapat membunuh virus-virus yang menempel atau bertebaran di dalam rumah.

baca juga artikel menarik di web ini tentang fogging disinfektan Tangerang

Apa itu Disinfektan

Untuk dapat mengetahui cara disinfektan di rumah yang benar, ada baiknya kamu mengetahui apa itu sebenarnya disinfektan.

Menurut web milik  Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, disinfektan merupakan bahan kimia yang dimanfaatkan sebagai penghambat atau pembunuh mikroorganisme, seperti bakteri, virus, dan sebagainya. Penggunaan disinfektan ini khusus untuk permukaan benda mati, seperti furniture, lantai, dan lain-lain.  Jangan menggunakan disinfektan untuk area kulit karena dapat meningkatkan resiko iritasi pada kulit dan berpotensi menimbulkan kanker. Untuk membersihkan kulit, gunakanlah antiseptik yang sudah terkandung di dalam hand sinitizer.

Untuk cara disinfektan rumah setelah covid yang lebih aman, ada beberapa produk disinfektan yang direkomendasikan dan dapat digunakan di rumah. rekomendasi produk tersebut antara lain, sodium hipoklorit, amonium kuarterner, hidrogen peroksida, dan alkohol 70%.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan ketikan akan memakai produk disinfektan ya!

Agar menghindari produk disinfektan mengenai permukaan kulitmu, selalu gunakan sarung tangan dan juga ventilasi rumah yang baik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi timbulnya kanker kulit dan terpapar saat melakukan disinfektasi.

Ingatlah bahwa bahan atau cairan yang digunakan untuk disinfektan adalah bahan kimia yang tidak cocok untuk bersentuhan dengan kulit. Kamu harus hati-hati dan waspada ketika menggunakannya, ya!

Cara Disinfektan Rumah dan Membuatnya

Berbagai cara dilakukan untuk melindungi keluarga tercinta dari paparan virus Covid-19. Salah satunya dengan cara disinfektan di rumah. Kamu tidak perlu terburu-buru membeli disinfektan di luar rumah karena disinfektan bisa dibuat atau menggunakan bahan yang ada di dalam rumah.

Bisa dikatakan bahwa, disinfektan terkandung di dalam beberapa produk pembersih perlengkapan atau peralatan rumah tangga.

Jenis disinfektan yang bisa digunakan dari pembersih rumah tangga adalah natrium hipoklorit yang terkandung di dalam cairan pemutih atau benzalkonium chloride yang ada di dalam cairan pembersih karbol. Kamu tentu memiliki kedua cairan ini bukan?

Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengetahui bahwa cairan pemutih ini memiliki sifat kaustik, yaitu bahan yang dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan kulit. Ditambah lagi, kamu tidak boleh sembarangan menggunakan cairan pemutih sebagai disinfektan. Jika salah penggunaan, cairan ini dapat beresiko kematian.

Bahan Membuat Disinfektan

Untuk melakukan disinfektan, kamu bisa membuat cairan disinfektan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat disinfektan di rumah sebanyak 1 liter:

  • Botol plastik semprot, bisa juga menggunakan botol kaca dengan tutup
  • Gelas ukur
  • Kain lembap, kamu bisa menggunakan kain flanel atau kain microfiber
  • Sarung tangan latex atau karet, bisa juga menggunakan sarung tangan sekali pakai
  • Masker bedah atau masker N95
  • 30 ml cairan pemutih atau karbol (pilih salah satu) untuk 1 liter air.
  • Air bersih

Dalam proses pembuatan disinfektan, sebaiknya kamu memakai pakaian dan sepatu yang tidak begitu masalah jika terkena semprotan atau cairan pemutih. Kamu juga bisa memakai APD untuk lebih aman.

Ketika membuat disinfektan, jangan dibuat di dalam rumah yang memiliki kondisi ventilasi udara yang buruk. Lakukanlah di luar ruangan atau rumah dengan sirkulasi udara yang baik.

Cara Membuat Disinfektan

Setelah alat dan bahan tersedia, ikuti langkah-langkah membuat disinfektan berikut ini:

  • tuangkan cairan pemutih ke dalam botol plastik atau botol kaca. Berhati-hatilah saat menuangkan cairan tersebut.
  • tambahkan air bersih ke dalam botol.
  • tutup botol semprot plastik atau kaca hingga rapat, lalu kocok perlahan. Lakukan hingga cairan tercampur sempurna.
  • cairan disinfektan siap digunakan

 

Cara Disinfektan Rumah Setelah Covid

Setelah membuat cairan disinfektan sendiri, kamu bisa langsung mulai mempraktekan cara disinfektan rumah dengan membersihkan permukaan barang mati atau ruangan terlebih dahulu. Namun, perlu diingat bahwa untuk penggunaan mandiri, sebaiknya menggunakan teknik semprot, bukan teknik penguapan atau fogging.

Jika ingin melakukan disinfektan dengan fogging, lebih baik meminta penyedia jasa fogging atau penguru rt/rw setempat. Apalagi, jika di rumahmu ada anggota keluarga yang pernah isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Berikut ini beberapa langkah atau cara disinfektan di rumah.

  1. Gunakan Pengaman

Selalu gunakan sarung tangan latex sekali pakai atau sarung tangan karet. Jangan lupa untuk menutupi kaki dengan sepatu atau boots. Hal ini untuk meminimalisir cairan disinfektan tumpah ke permukaan kulit. Untuk perlindungan maksimal, kamu bisa menggunakan APD.

  1. Bersihkan Permukaan Target Disinfektan

Untuk permukaan benda yang terlihat kotor, bersihkan terlebih dahulu menggunakan kain lap lembap atau air. Setelah kotoran atau debu hilang, barulah kamu bisa menyemprotkan disinfektan di permukaan barang.

Jika tidak memiliki botol semprot, kamu bisa menggunakan kain microfiber atau kain pel. Rendam kain yang sudah disiapkan ke dalam disinfektan. Lalu gunakan untuk mengelap permukaan barang yang paling sering disentuh.

  1. Semprot dan Bersihkan

Setelah disemprot, diamkan selama kurang lebih satu menit. Jangan langsung mengelap permukaan setelah disemport agar hasilnya maksimal. Untuk penggunaan kain microfiber, setelah dilap diamkan permukaan selama kurang lebih 10 menit.

  1. Keringkan Benda Yang Telah Disemprot

Langkah terakhir, kamu bisa mengelap permukaan benda dengan kain sampai benar-benar kering, baik yang menggunakan botol semprot atau kain mikrofiber atau kain pel.

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, lepaskan pakaian atau APD yang digunakan selama proses disinfektasi. Kemudian, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau bisa langsung mandi. Buang segera peralatan yang dipakai oleh kamu ketika melakukan disinfektasi ya, seperti APD, sarung tangan, dan lap yang digunakan.

Jangan lupa untuk tidak meletakkan cairan disinfektan sembarangan ya!

Perlindungan dengan cara disinfektan rumah ini harus memperhatikan beberapa hal. Ketika menggunakan cairan disinfektan, hindari kontak dengan area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut. Cairan disinfektan mengandung bahan kimia yang berbahaya jika terdapat kontak dengan mata, terhirup atau tertelan. Simpan cairan disinfektan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat